Wednesday, August 27, 2008

My LINUX

Sudah dua minggu ini saya mengunakan OS LINUX distro "Slackware" versi 12.1. Mengagumkan .... itu mungkin salah satu ungkapan yang saya rasakan ketika menggunakan distro Ini. Paket Instalasi Operating System dalam satu Keping DVD yang lengkap, sehingga setelah selesai Instalasi kita bisa langsung menggunakan OS tersebut tanpa harus ribet menginstall Aplikasi tambahan semacam MS OFFICE utk pekerjaan admnistrasi perkantoran atau Adobe Photoshop utk Pekerjaan olah graphis. semuanya sudah tersedia dalam satu paket dan dengan User Interface yang friendly dan mudah difahami. Bagi pengguna Instan (Awam) tampilan grafis Slackware tidak berbeda jauh dengan MS Windows, sehingga memudahkan migrasi dari OS Windows ke OS Linux yang Open Source. Setting yang dilakukan hanyalah Setting Soundcard dan Instalasi Graphic Card bagi yang menginginkan tampilan grafis yang maksimal.

Sejarah LINUX

Pada tahun 1991, Mahasiswa Universitas Helsinki, Finlandia mempublikasikan system operasi mereka yang pertama yang merupakan varian dari sistem operasi UNIX dan diberi nama Minix pada saat berkembang sistem tersebut Linus Torvalds salah seorang dari mahasiswa Universitas tersebut menyatakan bahwa sistem Minix tersebut nonportable dan monolitis untuk itu dia ingin menyempurnakan sistem Minix tersebut. Sebagai gantinya dia menciptakan sistem operasi yang diberi nama Linux, system operasi tersebut dinyatakan bahwa bukan untuk tujuan komersial dan kedengarannya Torvalds menyatakan bahwa proyek tersebut hanya proyek kecil dan tidak akan berkembang.
Linux termasuk di dalam free software yang dapat didefinisikan bahwa Linux tersebut disertakan source codenya. Sehingga yang lain dapat memodifikasinya dan
juga mendistribusikannya kembali dan berlisensikan GNU. Sekarang Linux dikenal sebagai operating system yang kompatibel dengan UNIX dan berkembang paling pesat diantara sistem operasi yang lainnya. Hal ini disebabkan karena kemampuan Linux yang lebih di dalam network server, mampu berjalan di workstation mode grafis, aplikasi perkantoran, router dan masih banyak yang lain yang dirasa kemampuannya tidak berujung batas.

Keistimewaan Linux

Sebenarnya banyak sekali keistimewaan Linux, baik yang berasal dari UNIX maupun keistimewaannya sendiri. Beberapa keistimewaan tersebut antara lain :

* Full 32 bit sehingga mendukung manajemen memori protected mod pada platformPC berbasis processor 80386 ke atas
* Full multitasking sehingga user dapat menjalankan banyak aplikasi pada saatbersamaan
* Full multiuser sehingga memungkinkan banyak user dapat melakukan login pada sebuah komputer bersama-sama
* Mendukung implementasi lengkap TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protokol inilah yang digunakan untuk menghubungkan berbagai komputer dan jaringan menjadi satu kesatuan, misalnya Internet.
* Mendukung bermacam-macam file sistem untuk menyimpan data. Berbagai file sistem seperti FAT16 (MS DOS file system), FAT32, Minix-1, ISO9660 CDROM, dan lain-lain dapat diakses dari Linux.
* Mendukung virtual memory. Dengan ini memungkinkan penggunaan ruang pada harddisk sebagai memori, sehingga dapat mengatasi kekurangan RAM untuk menjalankan suatu proses
* Mendukung shared library. Dengan ini memungkinkan program untuk
* menggunakan library bersama-sama sehingga file executable dapat lebih sedikit menggunakan ruang pada harddisk.
* Mendukung demand-paged loaded executable sehingga segmen dari program yang benar-benar digunakanlah yang dibaca dari disk ke memori. Mengimplementasikan unified memory pool untuk program dan disk cache. Dengan cara ini semua free-memory akan digunakan sebagai cache untuk mempercepat proses
* Mendukung hampir semua fasilitas pada UNIX. Sehingga mempelajari Linux
* berarti anda juga belajar banyak untuk sistem UNIX.
* Dukungan GNU (GNU’s Not UNIX) Software. Linux memiliki banyak aplikasi pendukung yang powerful yang dibuat oleh GNU – sebuah badan free software.
* Perkembangan Linux cepat dan berkesinambungan. Linux terus dikembangkan
* oleh berbagai pihak di dunia karena source code nya dapat diperoleh dengan mudah. Anda dapat terus mengikuti perkembangan Linux melalui berbagai situs di Internet.
* Memiliki fasilitas GUI (Graphical User Interface) yang dikenall dengan nama Xfree86. Fasilitas ini memiliki fungsi layaknya Windows 3.1 untuk DOS sehingga Linux juga memiliki tampilan yang menarik dan mudah digunakan.
* Keamanan Dengan melihat keistimewaan Linux diatas dapat disimpulkan bahwa Linux termasuk sistem operasi yang stabil, aman, bisa kompatibel dengan sistem operasi yang lain dan mampu berjalan walaupun dengan komputer dengan prosesor 386 sekalipun. Meskipun Microsoft telah mendominasi pasaran dengan produk Microsoft NT sebagai server, Linux telah memulai dari dasar dan diestimasi bahwa Linux akan terus berkembang beberapa tahun mendatang.


Hak Cipta Linux

LINUX didistribusikan di bawah GNU General Public License ( GPL ) dimana pemilik program tetap memegang hak ciptanya tetapi orang lain dapat memodifikasinya dan bahkan menjual kembali program tersebut tapi dalam hal ini source code yang asli tetap disertakan dalam distribusinya. Ini artinya meski seseorang telah memodifikasi dan menjualnya, produk tersebut telah ada dalam lisensi GPL dan akan selalu berada di dalamnya. Lisensi ini melarang seseorang untuk memperoleh hak paten untuk kepentingan pribadi atas software yang ia ciptakan berdasarkan lisensi ini. Satusatunya bentuk hak paten yang diperbolehkan ialah dengan memberikan kebebasan setiap orang untuk menggunakannya, termasuk dengan source code-nya. Dengan demikian seseorang dapat memperbanyak dan menjual CD distribusi ini secara legal. Hak cipta Linux dimiliki oleh Linus Torvald di bawah GNU . Hak cipta ini dibuat oleh Free Software Foundation (FSF), yaitu badan yang memberi tempat bagi para programmer untuk menciptakan free software. LINUX, sering juga disebut dengan GNU/LINUX adalah sistem operasi yang kompatible dengan UNIX. Program-program yang terdapat di dalam LINUX kebanyakan dibawah naungan proyek GNU dari Free Software Foundation. Tampilan Grafis atau Graphical User Interface ( GUI ) disediakan oleh X-Window beserta kumpulan libraries. Karena banyaknya paket-paket software yang terdapat didalamnya, maka beberapa perusahaan mengumpulkan paket-paket ini menjadi satu distribusi (distro). Mereka juga melakukan pengujian terhadap software di dalamnya, mengembangkannya agar menjadi lebih mudah proses instalasinya. Ada distro komersial seperti RedHat, Mandrake, S.u.S.e, Caldera dan lain-lainya. Ada juga distro non-komersial seperti Debian GNU/Linux. Kedua distro ini tersedia tanpa dipungut biaya. Perbedaan mendasar antara kedua distro tersebut adalah produk komersial di dukung oleh perusahaan yang menyediakan technical support dan mungkin juga menyediakan beberapa software komersial yang tidak bisa didistribusikan secara gratis.

Struktur Software

Komponen-komponen terpenting dalam perangkat Linux berupa :

* Kernel, Kernel merupakan jantung dari sistem operasi yang mengontrol hardware dan mengatur segala permintaan. Bagian-bagian lain seperti shell dan aplikasimemanggil/menginstruksikan kernel untuk memberikan pelayanan kepadanya sesuai dengan program yang memanggilnya.
* Shell, Shell adalah penterjemah pada sistem UNIX. User cukup memberikan perintah dan shell yang akan melayaninya. Diantaranya yang paling terkenal adalah Bash ( The Bourne Again Shell )
* Utilities, Berjumlah ratusan dengan fungsi yang berlainan misalnya saja Apache ( web server ) ,Qmail ( mail server ), Samba ( File Server ) dll.
* Xwindows, System GUI ( Graphical User Interface ) yaitu sistem grafis yang menyerupai sistem Windows sehingga menarik dan mudah digunakan.
* Aplikasi,Program ini dapat dibuat pemakai untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.



Masih Banyak Lagi hal lainnya yang bisa dijadikan Refferensi untuk ber-migrasi ke LINUX.

Bagi saya merupakan sebuah tantangan untuk menguasai dan mengkampanyekan penggunaan Software Operating System yang Legal dan Open Source.

Legal, tidak ada istilah melanggar Hukum dalam Menggunakan, memperbanyak dan menyebarkan.

Open Source, Kita bIsa berpartisipasi dalam pengembangan Distro yang kita pergunakan, sehingga semuanya bisa lebih sesuai dengan Keperluan kita. (Sumber Kode Bebas Kita Oprek/Modifikasi semaunya, asal ngerti aja :))

Sebuah prinsip untuk bersikap Jujur dan dewasa dalam menyikapi Teknologi, kita tidak mau bangsa kita di cap sebagai bangsa Pembajak / Pengguna Produk bajakan. Untuk itu bagi anda yang selama ini menggunakan OS Bajakan, sudah saatnya untuk beralih ke OS yang legal. salah satunya adalah LINUX atau bagi yang mampu,menggunakan/membeli OS Asli yang bukan bajakan, dengan keterbatasan Hak penggunaan (Maksimal Instalasi thd jumlah komputer yg dipergunakan, tidak boleh memperbanyak atau meminjamkan dll ).

LINUX, adalah sebuah jalan untuk menunjukan bahwa kita adalah bangsa yang mampu menunjukan bahwa kita tidak mau dijajah dalam bentuk Ekonomi dan teknologi oleh bangsa Kapitalis yang lebih mementingkan Profit /Keuntungan / Uang dibandingkan Kemajuan Umat Manusia terutama dalam bidang pendidikan.

Jujur saja, Jika kita menggunakan OS Propietary Milik MIcrosoft misalnya, dalam lingkup sekolah (Negeri) di Pedalaman, maka untuk mendapatkan generasi bangsa yang menguasai Teknologi Informasi akan menjadi Hal yang sulit dan mustahil. Untuk menyediakan Komputer Bekas kelas P III sebanyak yg dibutuhkan saja bisa menjadi masalah,apalagi membeli Paket Operating Sytemnya? meskipun mungkin sudah mendapatkan Discount, tetap saja Mahal !

belum lagi Beli Program Aplikasi Office-nya? Solusinya adalah dengan menggunakan Operating System yang telah lengkap dengan Aplikasi Standar kerja yang Bebas dan murah (biasanya kita hanya membayar ganti harga CD-nya saja) jadi kita bisa Fokus dalam pembiayaan Hardwarenya saja.

Tentunya kita tidak ingin Generasi kita menjadi generasi yang tidak Jujur. Budak dari Produk Bajakan. :)

Stop bajakan, gunakanlah Software Asli, atau Solusi jika anda merasa berat dengan biaya yang harus dikeluarkan utk menggunakan Software asli, gunakan LINUX sebagai Software yang legal, murah dan Open source.

*berbagai Sumber

Salam.

*Tulisan ini juga di muat di http://goowing13.blogs.friendster.com/my_blog/*

1 comment:

Breaking News

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates