Friday, October 10, 2008

PC/OS Part II





Beberapa tampilan Desktop Distro gOS dan PC/OS (Keterangan : gambar bukan Screen Shoot dari desktop saya).

setelah Saya coba install kedua OS tersebut, saya rasakan tidak ada perbedaan yang signifikan diantara dua Distro ini. kedua Distro ini sama-sama telah memasukan Aplikasi Wine dalam paket installernya. untuk PC/OS memiliki kelebihan dalam kelengkapan paket Codec multimedian sedangkan gOS memiliki kelebihan dalam tampilan yang mirip Mac OS X dan memiliki Fitur Google gadget.
Ada yang menarik, saya baru mengetahui ternyata Grub PC/OS bisa secara otomatis menseting Multi boot OS di komputer saya, ceritanya begini : saya Install PC/OS dan dalam pilihan partisi HDD saya pilih Opsi pertama (resize Free size) bukan Opsi ketiga (Custom Lay Out)seperti biasa. Setelah selesai Instalasi saya cek ternyata PC/OS secara otomatis membuat partisi swap sendiri, sehingga ada dua partisi swap di dlm HDD saya, dan di Komputer saya jadi terpasang 3 OS, W****s, Slackware 12.1 dan PC/OS. masing-masing OS bisa di booting dengan baik tanpa masalah, padahal dulu saya harus bersusah payah menseting Grub/Lilo agar bisa multi distro seperti diatas :).
Secara garis besar kedua Distro diatas biasa saja sama dengan Distro-distro yang lainnya terutama Distro-distro turunan dari Ubuntu. untuk perbandingan di Spesifikasi Komputer saya, kedua Distro tadi masih kalah cepat oleh Slackware (Apakah memang Ubuntu dan semua turunanya agak lambat ya? atau memang memerlukan resource yang besar? :)) sepertinya saya perlu mempelajari Ubuntu Lebih jauh.

GNU/LINUX itu Indah, Mudah dan Halal. :)

No comments:

Speak Your Mind

Breaking News

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates